Sabtu, 31 Maret 2012

Pilih penerbit yang mana?

Kadang, jika kita pengen ngirim naskah, bingung mau ngirim kemana. Sekarang, jangan khawatir lagi karena admin punya solusi. Cekodot ...


1. Naskahmu bertemakan apa?
    Penerbit tertentu lebih memilih naskah dari temanya. Misal, seperti penerbit edelweiss lebih memilih naskah yang bertemakan fantasi. Penerbit DAR! Mizan lebih memilih naskah bertemakan sekolah dan kehidupan sehari-hari. Kalau Lingkar Pena lebih milih naskah fiksi fantasi. Jadi, termasuk yang manakah tema naskahmu?


2. Apakah Naskahmu bisa diterima?
    Mentang-mentang penerbit Mizan lebih terkenal, langsung ngirim ke penerbit Mizan. No, no, no .. nggak tergantung pada ketenaran penerbit tapi standard naskah kita. Kalo baru pertama nulis naskah dan langsung ngirim ke Mizan. Yakin deh! langsung ditolak. Jika kita ngirim ke penerbit yang masih agak sepi kayak edelweiss, masih ada harapan diterima. Jadi, tergantung pada ketingkatan kita; baru ngirim berapa kali dan termasuk calon penulis, pemula penulis, atau penulis, dan penulis best seller.


3. Paling Memenuhi Syarat
     Syarat-syarat di tiap penerbit beda-beda jadi saya sarankan agar kamu memilih kriteria penerbit yang paling cocok dengan kriteria naskahmu. Misal kamu nulis naskah 43 halaman. Kamu jangan malah kirim ke PCPK karna batas PCPK minimal 45 halaman. Lebih baik kamu ngirim ke KKPK atau CCPK yang lebih memenuhi kriteria. Dan misalnya umurmu 12 tahun. Jangan kamu pilih KKPK atau PBC. Kamu pilih saja PCPK yang lebih memungkinkan karena syarat umurnya sampe 14 tahun dan minimalnya 6 tahun (nggak tau juga sih minimalnya berapa tapi sekitaran 6 tahun).


4. Teman-Teman pada ngirim kemana?
     Sebelum mengirim naskah, alangkah baiknya kamu bertanya dulu ke temanmu yang udah ngirim naskah. Dia ngirim naskah kemana, tipe naskahnya gimana, penerbit yang ia kirimin itu apa, dan alasannya dia milih penerbit itu apa biar kamu lebih tahu kamu harus ngirim kemana. Kamu juga bisa minta solusi dengan temanmu. Sebutkan kriteria naskahmu agar teman tahu kita bagusnya ngirim kemana.


5. Editor atau Ilustrator yang kita kenal
    Kalau kita kenal editor atau ilustrator di KKPK (misal) kenapa kita tidak mengirim kesana saja? mungkin, karena alasan kenal dengan kita, naskah kita jadi diterima. Hehehe ...


6. Lebih Mudah Ngirim Kemana?
    Kita juga harus mempertimbangkan alamat penerbit. Jika rasanya KKPK lebih dekat dari rumah kita, ya kirim aja ke KKPK langsung. Tapi, kalo alamat KKPK jauh dari rumah kita. Kita cari saja yang dekat dari rumah ato kalo enggak cari yang bisa ngirim lewat email. Gampang kan?


Setelah membaca artikel ini, kamu pengen ngirim kemana? KKPK, PCPK, CCPK, KKJP, PBC, atau apa? :D

0 komentar:

Posting Komentar