Rabu, 21 Maret 2012

Pilih Piano, Keyboard, atau Organ?

Mau kursus musik? Biasanya orang-orang akan memilih kursus antara lain; Piano, Keyboard, atau Organ. Saya sendiri sih kursus keyboard tapi saya main piano. Agak aneh 'kan?


Piano, Keyboard, dan Organ sendiri sebenarnya hampir sama. Jadi, kadang-kadang orang bingung mau milih yang mana. Nah, pada artikel kali ini saya akan menjelaskan singkat tentang masing-masing alat musik ini. Nanti, kamu yang kebingungan milih yang mana. Pasti tahu deh.



1. Piano
    Jika kamu kursus piano, maka semua alat musik bisa kamu mainkan dengan mudah. Karena pernyataan itu, banyak orang yang jadi kursus piano. Eh, tapi kalo kamu kursus piano, kadang bosan soalnya nadanya itu-itu terus dan permainannya itu-itu terus -___-
Kamu baru bisa mainin lagu bagus tunggu 6 bulan lamanya kamu udah kursus. Lama kan? Eh, nggak lama ding. Saya udah 4 tahun les musik tapi ngerasa baru kemarin daftarnya, hehehe ...
Piano biasanya dimainin di gereja. Jadi, kalo kamu pinter main piano siap-siap dipanggil oleh gereja untuk main disana.


2. Keyboard
    Kalo kamu kursus keyboard, hampir sama sih dengan piano. Bisa ningkatin IQ juga, cuma keyboard ini lebih modern. Kalau susah yang mana: keyboard, piano, atau organ? sebenarnya tingkat kesulitannya sama aja.
Di keyboard, kamu bisa sedikit bermain-main karena di keyboard banyak nada-nada mulai dari yang lucu sampe yang nyeremin. Jadi, kalo kamu orangnya nggak suka yang serius-serius amet, mending pilih alat musik ini. Oya, ada fakta unik jika kamu belajar keyboard "orang yang belajar keyboard, pasti bisa mainin piano. Orang yang belajar piano, belum tentu bisa mainin keyboard"
Selain itu, keyboard juga lebih murah daripada piano. Harga piano paling murah sekitar 5 jutaan. Sementara keyboard paling murah (keyboard odong-odong) 900rb. Ya, keyboard yang harganya satu jutaan udah lumayan bagus.
Kalo kamu pinter main keyboard, siap-siap dipanggil oleh band :)


3. Organ
    Kalo piano dipanggil main ke gereja, kalo keyboard main di band, kalo organ? main di kondangan! hehehe .. Just Kidding. Tapi, emang bener kok, biasanya pemain organ disuruh main di kondangan. Tenang aja! Kalo misalnya kamu disuruh main di kondangannya artis? lumayan kan! Nggak, nggak.
     Organ agak lebih rumit karena biasanya kalo kita mau main organ harus nyetel-nyetel suaranya dulu. Tapi, karena kita harus nyetel suara itu dulu, lagu-lagu organ lebih mudah dimainin. Dan jika kita pinter nyanyi, kita bisa main organ sambil nyanyi. Tapi kalo mau nyanyi sambil main piano atau keyboard, itu agak susah.
      Keuntungan organ adalah kursus organ lebih mudah ditemukan dimana-mana. Perbedaan piano, organ dan keyboard: kalo organ ada kaki dan pedalnya, kalo keyboard ada kabel dan beberapa tombol, kalo piano tanpa kabel dan polos.


Nah, sudah membaca artikel ini, kalian pilih yang mana? piano di gereja, keyboard di band, atau organ di kondangan? :D

Yang jelas, ketiga alat musik ini sama aja. Sama-sama alat musik tekan dan bisa meningkatkan IQ

6 komentar:

Posting Komentar