Rabu, 21 Maret 2012

Tips Membeli Buku

Suka baca buku? ya, donggg. Pernah beli buku? ya, pernah donggg. Hehehe ... Kan biasanya saat kita di toko buku, pasti agak kebingungan milih buku sebabnya menurut kita semua buku bagus-bagus. Saya ada beberapa tips jitu untuk membeli/memilih buku:


1. Pilihlah buku yang sesuai dengan umur kamu
    loh? emang kok kalau milih buku harus sesuai dengan umur kita. Misal umur kita 15 tahun, kita beli buku untuk orang dewasa berkisaran umur 30. Pastinya kita bingung baca buku tersebut. Anak umur 15 tahun masih agak susah mencerna kata-kata dewasa. Epp, tapi jangan misal: kita umur 20 tahun, beli buku untuk anak 10 tahun. Itu lebih parah lagi!! Semua bacaan yang ada di buku itu nggak ada guna lagi bagi kita. Dan jangan-jangan, kita udah punya buku yang bacaaannya mirip-mirip dengan buku tersebut.


2. Jangan mudah terpengaruh dengan endorsement buku
    Tahu endorsement buku nggak? itu loh yang sering di buku ada tulisan "buku ini bagus banget. Nyesel kalo kaga beli" nah, endorsement itu kadang-kadang nyesatin dan membuat kita bingung. Jadi, kalo beli buku, saya sarankan jangan baca endorsementnya! saya udah sering tertipu yang ginian. Kalau mau beli buku, pertama lihat sinopsis nya. Sudah lihat sinopsis, lihat judulnya. Yang terakhir, lihat penulisnya. Penulis yang sudah terkenal biasanya bukunya bagus. Oke, kalau ketiga itu menurutmu oke. Beli deh!


3. Intip-intip sedikit isi buku
    Jika bukunya di segel, kan susah gitu kita liat isi dalamnya. Cara mudah, intip-intip sedikit dari celah plastik segel buku, hehehe .. Tapi, kalau nggak di segel, syukurlah! kita bisa baca buku itu dulu. Kalau udah selesai bacanya, nggak jadi beli deh (eh?)



Hal yang dilarang dalam memilih buku:


1. Lihat nama penerbit
    Biasanya kalo kita beli buku pasti liat dulu kan nama penerbitnya? ini salah besar! penerbit hanya memberi kemungkinan 20% bahwa cerita itu menarik atau enggak


2. Merhatiin sampul buku
    Sampul buku bagi para pelajar menjadi hal yang diperhatikan saat membeli buku padahal salah besar! Sampul buku itu nggak apa-apa. Cuma memberi kemungkinan 2% kalo buku itu bagus. Jadi, jangan memilih buku dari sampulnya.


3. Kualitas Buku
    Sering banget nih orang-orang ngelihat dari kualitas buku; kertas yang digunakan, tulisan, dan termasuk sampul buku tadi. Kualitas buku itu tidak memberi kemungkinan sama sekali kalo buku itu bagus. Memperhatikan kualitas buku adalah hal paling dilarang dalam memilih buku.



Itu saja kali ya tips membeli buku dari Farras. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar